Saturday, August 7, 2010

Cara menjadi orang cerdas ???

ada hadits yang menyebutkan:

barang siapa menghendaki keduniaan maka pastilah atas dia ilmu, dan barang siapa menghendaki akhirat maka (pasti) atasnya ilmu, dan barang siapa yang menghendaki keduanya (dunia & akhirat , maka pasti atasnya ilmu. Meriwayatkan kepada hadis (siapa) Ibnu ‘asaakir

Ada lagi :
وَلاَ تَقْفُ مَا لَيْسَ لَكَ بِهِ عِلْمٌ إِنَّ السَّمْعَ وَالْبَصَرَ وَالْفُؤَ كُلُّ أُولـئِكَ كَانَ عَنْهُ مَسْؤُولااً
Artinya :Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya pendengaran, penglihatan dan hati, semuanya itu akan diminta pertanggungan jawabnya. (QS 17 ; 36) (sumber)

Di dalam ayat yang lain Alah menegaskan bahwa orang-orang yang berilmu akan diberikan derajat yang tinggi.

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِذَا قِيلَ لَكُمْ تَفَسَّحُوا فِي الْمَجَالِسِ فَافْسَحُوا يَفْسَحِ اللَّهُ لَكُمْ وَإِذَا قِيلَ انشُزُوا فَانشُزُوا يَرْفَعِ اللَّهُ الَّذِينَ آمَنُوا مِنكُمْ وَالَّذِينَ أُوتُوا الْعِلْمَ دَرَجَاتٍ وَاللَّهُ بِمَا تَعْمَلُونَ خَبِيرٌ

Hai orang-orang beriman apabila kamu dikatakan kepadamu: “Berlapang-lapanglah dalam majlis”, maka lapangkanlah niscaya Allah akan memberi kelapangan untukmu. Dan apabila dikatakan: “Berdirilah kamu”, maka berdirilah, niscaya Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. Dan Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan. (QS Al Mujaadalah : 11)

Jadi intinya kalo mau bahagia dunia dan akhirat harus pake ilmu, bagaimana cara mendapatkan ilmu? ya baca...baca...baca... baca yang banyak. kayaknya dari awal sudah saya tulis begitu deh. baca enggak mesti dari buku, internet dll. baca bisa berarti menelaah, menguji, bereksperimen dll. Orang yang ilmunya hari ini sama dengan sama dengan ilmunya yang kemarin maka ia tergolong orang-orang yang merugi. ikutan forum kayak begini juga termasuk belajar mencari ilmu.

No comments:

Post a Comment